PROMO: DISKON 500RIBU UNTUK PERAWATAN BLEACHING DARI 2.5JUTA MENJADI 2JUTA / VENEER INDIRECT DISKON 500RIBU DARI 3JUTA MENJADI 2.5JUTA / SEGERA HUBUNGI 08122556765

Kamis, 26 Februari 2015

Gigi Tiruan Lengkap Rahang Atas

GIGI TIRUAN LENGKAP RAHANG ATAS

Bulan ini klinik kami mendapat kunjungan dari pasien seorang nenek berumur 70 tahun dengan keluhan terganggu dengan gigi palsunya yang longgar dan mudah lepas saat dipakai berbicara atau makan. Beliau ingin membuatkan gigi palsu yang baru yang lebih pas dan nyaman. Saat kami periksa, nenek tersebut memakai gigi tiruan lengkap rahang atas. Semua gigi atas dan bawah sudah tidak ada. Saat kami lepas gigi palsunya masih terdapat 4 sisa akar gigi. Kondisi gigi palsu lama sudah tidak sesuai lagi dengan ukuran rahangnya, tidak ada retensi sama sekali. Dimensi gigi palsunya juga tidak harmonis dengan dimensi wajah dan bibir, gigi-giginya tampak terlalu panjang dan lengkung giginya amat lebar. Kemudian kami sarankan untuk mengganti gigi palsunya dengan yang baru berbahan akrilik.

Kunjungan pertama:
Setelah mengedukasi pasien dan keluarganya akan efek membiarkan sisa akar yang dibiarkan tertutup gigi palsu, kami mengekstraksi sisa akar gigi tersebut. Hari ini dilakukan pencabutan 2 sisa akar, dan diagendakan 2 sisa akar lagi pada kunjungan berikutnya.

Kunjungan kedua:
Pada kunjugan ini nenek menolak untuk dilakukan pencabutan berikutnya karena merasa sakit jika dipakai makan. Setelah mengedukasi lagi dan lagi, nenek tetap menolak. Jadi pada kunjungan ini langsung ke step berikutnya yaitu pencetakan rahang pasien.
Pada hasil cetakan ini akan dibuat baseplate dan bite rim.

Kunjungan ketiga:
Dilakukan try in atau pengepasan baseplate pada pasien. Baseplate harus pas pada rahang pasien, mempunyai retensi yang baik saat digunakan untuk berbicara dan menelan. 
Setelah itu dilakukan pengukuran kesejajaran biterim terhadap garis chamfer, ini untuk mengukur kesejajaran gigi bila dilihat dari depan dan samping.
Setelah beberapa kali dilakukan penyesuaian biterim, akhirnya biterim pasien sejajar thd garis chamfer. 
Dikarenakan pasien sudah tidak memiliki gigi sama sekali, jadi tidak ada patokan besar kecilnya gigi. Oleh karena itu kami tentukan letak midline, caninus line, dan laugh line berdasar anatomis pasien sehingga ukuran dan panjang gigi dapat ditentukan. 
Gigi palsu yang baik panjangnya harus 2mm dibawah bibir atas pada saat bibir atas dalam posisi rileks. Ini yang menentukan gigi palsu nantinya tidak terlalu panjang atau pendek. Garis tengah (midline) harus tepat yaitu membagi rahang menjadi dua bagian sama yaitu kanan dan kiri sehingga gigi tampak harmonis. Caninus line berfungsi untuk menentukan letak gigi taring sehingga diameter gigi dapat ditentukan, menghindari gigi yang terlalu lebar dan terlalu kecil. Sedangkan laugh line berfungsi sebagai patokan pemasangan gigi geligi 2mm dibawah cervikal supaya saat pasien tersenyum lebar tidak nampak gusinya (gummy smile).

Kunjungan keempat:
Dilakukan try in gigi palsu yang baru yang telah dibuat berdasarkan catatan kunjungan ketiga dan telah diproses di lab. Alhamdulillah gigi palsu langsung pas, memiliki retensi yg baik saat dipakai untuk berbicara, simulasi mengunyah dan menelan. Gigi nampak harmonis dengan wajah serta pemilihan warna gigi sangat sesuai dengan usia pasien. Pasien sangat senang dan termotivasi untuk membuat gigi palsu yang bawah jika sudah punya uang nanti :)

Nah.. untuk perawatan gigi palsu seperti ini cukup mudah.. yaitu dengan membersihkan dengan rutin gigi palsu setelah makan atau pada saat mandi. 

Ini dia foto pasien dengan senyumnya yang baru.. terimakasih eyang, sudah mempercayakan senyumnya kepada kami. 




Tulisan ini hanya bertujuan sebagai sharing kasus, tidak untuk digunakan sebagai panduan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar