PROMO: DISKON 500RIBU UNTUK PERAWATAN BLEACHING DARI 2.5JUTA MENJADI 2JUTA / VENEER INDIRECT DISKON 500RIBU DARI 3JUTA MENJADI 2.5JUTA / SEGERA HUBUNGI 08122556765

Kamis, 11 Juni 2015

Cegah Karies pada Gigi Anak dengan Tooth Mousse

Gigi anak dan karies? Hmmm.. banyak yang bilang gigi anak rentan karies. Betul ngga ya.. 

Gigi anak memang cenderung rentan karies dibanding gigi orang dewasa. Tetapi bukan berarti kalau gigi anak terkena karies lalu kita bilang hal itu adalah wajar dan kita tenang-tenang saja lho. Ada beberapa faktor yang jadi penyebab gigi anak rentan terkena karies antara lain:

1. Karena anak-anak belum bisa menjaga kebersihan gigi dan mulut mereka. 
Disini nih peran orang tua untuk mencegah gigi anak supaya tidak terkena karies. Kebiasaan yang perlu ditanamkan oleh orang tua kepada anak-anak sejak dini adalah kebiasaan menggosok gigi. Sejak munculnya gigi pertama anak (usia 6bulan) orangtua harus rajin membersihkan gigi tersebut. Lalu perlahan seiring bertambah banyaknya gigi anak, orangtua mulai memperkenalkan sikat gigi dan kebiasaan menggosok gigi. Keberhasilan orangtua dalam menanamkan kebiasaan ini dapat terlihat dari reaksi anak. Orangtua dianggap berhasil menanamkan kebiasaan menggosok gigi pada anak ketika anak tidak menolak ketika sudah tiba saatnya menggosok gigi, bahkan mereka meminta sendiri untuk digosok/menggosok gigi mereka sendiri. 

2. Anak-anak cenderung menyukai makanan yang manis. 
Ini sih sudah pasti.. Banyak anak doyan ngemil, mulai dari permen, wafer, coklat, roti, biskuit, dan tidak ketinggalan minuman manis seperti sirup, teh dan susu. Gimana dong, apakah tidak boleh mengkonsumsi semua yang manis? Jawabannya tentu saja boleh. Kasian juga kan kalau anak-anak dilarang makan ini itu gara-gara takut gigi bolong. Trus solusiny gimana? Batasi saja banyaknya makanan manis yang mereka konsumsi.. Kalau sudah habis sebungkus masa masih mau nambah lagi.. Besok kan masih ada waktu.. Selain batasi jumlahnya, batasi waktunya. Makanan manis sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur, kecuali orangtua bisa memastikan anak-anak akan menggosok giginya sebelum mereka tidur. Sebaiknya konsumsi snack-snack manis pada siang atau sore hari saja dimana anak-anak masih banyak aktivitas bermain.

3. Kebiasaan buruk yang berhubungan dengan karies gigi. 
Kebiasaan ini adalah kebiasaan memberikan susu pada anak dengan dot. Apalagi susunya mengandung gula. Sebaiknya hindari kebiasaan ini dengan sejak awal mengenalkan anak dengan cup feeder atau menggunakan sedotan saat minum susu, sebelum mereka mampu minum melalui gelas. 
Kebiasaan buruk lainnya adalah kebiasaan 'ngemut' makanan. Kalau makan tidak segera dikunyah, tapi disimpan dulu lama di dalam mulut. Kebiasaan ini juga dapat merusak gigi. Sebaiknya ajari anak untuk fokus pada waktu makan. Caranya adalah tidak mengajak mereka melakukan aktivitas lain pada saat makan. Makan ya makan, bukan makan sambil sepedaan, makan sambil bermain dengan teman, atau makan sambil nonton tivi.

Trus kalau udah terlanjur karies gimana dong.. Langkah pertama adalah kenali tanda awal karies. Jangan gigi anak udah abis baru kita bingung gimana. Tanda awal karies bisa terlihat dengan adanya flek-flek berwarn putih atau coklat pada permukaan gigi anak. Permukan gigi yang biasanya timbul gejala awal karies adalah di permukaan gigi depan atas, permukaan gigi geraham atas yang meghadap ke pipi, dan permukaan kunyah gigi geraham bawah. Flek-flek tersebut merupakan tanda awal munculnya karies. Proses karies dapat dicegah pada kondisi ini dengan mengaplikasikan tooth mouse.


Apabila gigi anak sudah terlanjur berlubang, maka sebaiknya gigi tersebut ditambal dengan bahan tambalan yang melepaskan fluor, sehingga dapat mencegah proses karies berjalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar